Kamis, 01 Desember 2011

REVIEW MATERI 7 PERTEMUAN.


SEJARAH KOMPUTER
      sejarah komputer dan perkembangannya..
sejak dahulu, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. manusia juga menemukan alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat. komputer yang kita temui saat ini merupkan hasil evolusi panjangdari penemuan-panemuan sejak dahulu kala.
  sejarah komputer menurut periodenya adalah
  1. komputer generasi pertama
  2. komputer generasi ke dua
  3. komputer generasi ke tiga
  4. komputer generasi ke empat

  •   komputer generasi pertama(1946-1959)
dengan terjadinya perang dunia ke II berusaha mengembangkan untuk mengeksploit potensi strategis yg di miliki komputer hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
ciri" komputer generasi pertama:
  1. penggunaan tube vakum
  2. setiap komputer memiliki kode biner yg berbeda yang di sebut bahasa mesin. 
  • komputer generasi ke dua(1959-1964)
mesin pertama yg menggunakanteknologi baru ini adalah super komputer.IBM membuat superkomputer bernama stretch.
ciri" komputer generasi ke dua:
  1. penggunaan transistor sehingga ukurannya lebih kecil.
  2. ada nya pengenbangan memori intimagnetik yang membantu pengembangan komputer generasi ke 2 jauh lebih kecil. 
  • komputer generasi ketiga(1964-1970)
jack kiby seorang instrument,mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC :integrated sirkuit) 
ciri" komputer generasi ke tiga.
  1. pengunaan IC(intgretted cirkuit)
  2. ukuran komputer menjadi lebih kecil
  3. ditemukan nya sistem oprasi
  • komputer generasi keempat(1979-sekarang)
setelah ic tujuan perkembangan menjadi lebih jelas mengcilkan ukuran cirkuit dan komponen" elektrik.(large scale integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip tunggal.
ciri" komputer generasi ke empat:
  1. digunakan nya LSI,VLSI,ULSI.
  2. digunakannya mikro prosesor...




INPUT, PROSES, outPUT
  • input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. 
  • CPU, singkatan dari Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Prosesor sering digunakan untuk menyebut CPU pada umumnya. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.
  • Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses.




 HARDWARE
adalah semua bagian fisik komputer dan di bedakan dengan data yang ada di daam nya dan dibedakan dengan perangkat lunak yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugas nya.
        komputer pada umum nya adalah komputer pribadi(PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
  1. Mother board=yang merupakan tempatmemori dan bagian lain nya dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
  2. RAM(random acses memory) tempat penyimpanan data sementara sehingga tidakperlu selalu mengakses   data dari harddisk jumlah ram yang besar akan mempengaruhi kecepatan komputer
  3. power supply=sebuak kotak yang merupakan tempat kontrol voltase dan kipas.
  4. harddisk=tempat penyimpanan jangka panjang
  5. sound card=menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat di mengerti oleh speaker
  6. land card=untuk internet DSL/kabel,dan/atau menghubungkan ke komputer lain nya.
  7. keyboard-mouse, webcam, printer, scaner, monitor.
STORAGE
terbagi jadi 2 golongan
  • Penyimpanan primer, memory yang dpt diakses langsung oleh prosesor. Kecepatan akses tinggi, kapasitas lebih kecil, dan berharga mahal.
  • penyipanan sekunder, memory yang di akses langsung oleh prosesor melalui piranti IO.Kecepatan akses rendah, kapasitas besar, dan berharga lebih 

Primary Storage.

  • Random Access Memory (RAM)
RAM adalah jenis memory yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer dihidupkan dan mempunyai sifat bisa mengingat data/program selama terdapat arus listrik. RAM mempunyai sifat yakni dapat menyimpan dan mengambil data dengan sangat cepat.
  • Read Only Memory (ROM)
ROM adalah jenis memori yang isinya hanya bisa dibaca. ROM pada komputer disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data. ROM biasa disebut BIOS (Basic Input/Output System) atau ROM-BIOS. Instruksi dalam BIOS inilah yang akan dijalankan oleh mikroprosesor ketika komputer mulai dihidupkan.Selain ROM, terdapat pula cip yang disebut PROM (Programmable Read-Only Memory), EPROM (Erasable Programmable Read-Only Memory), EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory).
  • Cache Memory
Cache memory adalah memori yang memiliki kecepatan sangat tinggi, yang digunakan sebagai perantara antara RAM dan CPU. Memori ini digunakan untuk menjembatani perbedaan kecepatan CPU yang sangat tinggi dengan kecepatan RAM yang jauh lebih rendah.


Secondary Strorage
Berdasarkan cara akses:
  • Sequential Access Storage Device (SASD, sekuensial = berurut): Magnetic tape, punched card, punched paper tape.
  • Direct Access Storage Device (DASD): magnetic disk (floppy disk, hard disk), optical disk (CD-ROM, DVD, FMD), gabungan (magneto-optical disk).
  • Electrical Storage : Flash Disk, MMC,SD,Memory Stick,CF, SSD (Solid State Disk)


PENGENALAN SOFTWARE
EVOLUSI PERANGKAT LUNAk
  • Era stabil
  • Era mikro
  • Era modern
KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK.
  • Sistim oprasi
  • perangkat lunak bahasa
  • Aplikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar