Senin, 12 Desember 2011

Perbedaan Sun, Linux, Ma Cos, dan Free BSD


Linux
       Linux adalah sebuah program open source yang gratis di bawah lisensi GNU dan dapat dijalankan pada berbagai macam platform perangkat keras mulai dari Intel (x86), hingga prosesor RISC.
Oleh karena sifatnya yang open, Linux berkembang sangat cepat dimana source code bisa diperoleh secara cuma-cuma, tidak terkait dengan perusahaan/vendor, dan semua penyedia jasa support bisa memberikan dukungan atau bantuan yang baik secara efektif, bahkan untuk bug fixes. Secara teknikal Linux bukanlah UNIX, hanya cara operasinya ’seakan’ UNIX.
Saat ini, linux bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software, dan untuk pekerjaan sehari-hari. Kebebasan yang paling penting dari Linux, terutama bagi programmer dan administrator jaringan, adalah kebebasan memperoleh kode sumber (source code) dan kebebasan untuk mengubahnya. Ini berimplikasi pada beberapa hal penting, yaitu : keamanan dan dinamika.
Karena sifatnya yang kompatible dengan UNIX maka linux dapat berinteraksi baik dengan sistem operasi lain seperti Windows-nya Microsoft, Macintosh-nya Apple, Netware-nya Novell, dan lain-lain. Sistem operasi ini  juga menyediakan bahasa pemrograman gratis, lengkap dengan kompilernya, maupun program pembantunya. Beberapa diantaranya adalah :
•    ADA
•    BASIC
•    C
•    C++
•    Expect
•    FORTRAN
•    GTK, untuk membuat aplikasi GUI di Linux
•    PASCAL
•    Phyton
•    Skrip Shell
•    TCL
•    Perl (The Practical Extraction and Report Language), sering dipakai untuk membuat skrip CGI di web.

 FreeBSD 

          FreeBSD adalah sebuah sistem operasi mirip Unix (berlisensi) bebas. Pada tahun 1993 ketika pengembangan 386BSD dihentikan, lahirlah dua proyek baru: NetBSD, yang dikenal dapat dijalankan pada banyak jenis arsitektur, dan FreeBSD yang mendukung platform x86, amd64, ia64, sparc64 dan alpha. FreeBSD dikenal dengan stabilitas, performa dan keamanannya, sehingga digunakan oleh banyak perusahaan di seluruh dunia.
Rilis FreeBSD yang digunakan saat ini adalah versi 6.2. Pengembangan Gentoo/FreeBSD menggunakan versi ini, sedangkan pengembangan dengan versi lama telah dihentikan dan tidak lagi didukun


Mac OS

         Mac OS adalah sistem operasi yang digunakan pada komputer Macintosh. Mac OS telah digunakan sejak komputer Macintosh pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan Apple pada tahun 1984. Setelah itu, Mac OS terus dirilis dengan nama seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9. Mac OS merupakan sistem operasi yang sangat terkenal karena kemudahan penggunaannya.
Pada akhirnya, Apple memutuskan untuk merombak total sistem operasi ini. Pada bulan Maret 2001 Apple memperkenalkan sistem operasi hasil rombakannya dengan nama Mac OS X. Tidak seperti versi sebelumnya, Mac OS X dikembangkan berdasarkan kernel Unix dengan beberapa fitur tambahan.

SUN


          Sun adalah sebuah teknologi dengan fokus pada lingkungan bisnis yang mission-critical, Oracle menyediakan Best-of-breed solusi teknologi yang terbuka, terpadu dan lengkap. kami memberikan nilai unik bagi pelanggan melalui integrasi server, storage, jaringan dan perangkat lunak untuk memberikan beberapa produk yang terukur, handal dan aman tersedia saat ini.
perangkat lunak yang integrasi dengan solusi hardware yang dioptimalkan untuk meningkatkan efisiensi, transaksional, dan memberikan tingkat kerja yang tak tertandingi dalam industri dan karena sistem Oracle di bangun pada standar terbuka. Mereka dapat digunakan di datacenter sebagai komponen individu atau sebagai solusi lengkap yang integrasi dari aplikasi ke disk.
dukungan Oracle Premier menyediakan satu titik akuntabilitas untuk kelas dunia, dukungan terintegrasi di semua produk Oracle dari aplikasi ke disk untuk meminilkan resiko, mengurangi kompleksitas, dan menjaga anda TI operasi berjalan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar